Press "Enter" to skip to content

Kilas Balik Sastra 2020 (2) Tahun Kehilangan Dua Sastrawan Terkemuka Indonesia.

Pada tahun ini Indonesia kehilangan putra terbaik di bidang kesusastraan Indonesia yaitu seorang penyair romantis yang puisinya terkenal berjudul Hujan Bulan Juni juga dijadikan judul novel , Ia tak lain adalah Sapardi Djoko Damono yang meninggalkan kita semua pada 19 Juli 2020 di Rumah Sakit Eka Hospital BSD, Tangerang Selatan.
Penyair Legendaris kelahiran Solo 20 Maret 1940 ini telah menerbitkan banyak buku sastra dan non sastra yang merupakan perjalanan sastra Indonesia dikarenakan Sapardi adalah angkatan 66.
Sepeninggal Sapardi kita kehilangan saksi sejarah sastra Indonesia yang semakin berkurang.

Seperti sudah persetujuan dengan Sapadi Djoko Damono, teman seanggakatnya di tahun ini juga tepatnya sepuluh hari setelah kepergian Sapardi menyusul Sastrawan Angkatan 66 kita yakni Ajip Rosidi. Seperti Sapardi, Meninggal di rumah sakit Ajip Rosidi meninggal pada usia 82 tahun, pada Rabu, 29 Juli 2020, sekitar pukul 22.30, di RSUD Tidar, Kota Magelang, Jawa Tengah, setelah mendapat perawatan intensif pascaoperasi. Tahun 2020 ini kita kehilang dua sastrawan sekaligus. Pelaku sastrawan di Tanah Air berkabung, duka sastrawan dalam masa pendemi covid-19. Ajip Rosidi adalah sastrawan yang banyak menulis buku dan penyelamat sastra Sunda.
Kita kehilangan lagi pelaku sastra Angkatan 66 dan seterusnya. Tetapi sapardi Djoko damono dan Ayip Rosidi sebetulnya masih bersama kita, mereka akan hadir dalam dunia kita karena karya mereka. Betapa sastrawan itu seperti masih hidup saja karena karyanya yang hidup.

Sapardi Djoko Damono
Ajip Rosidi

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *