Press "Enter" to skip to content

Tentang Kolaburasi Baca Puisi dan Seni yang Lain

Mengukur kolaborasi dari dua atau lebihprofesi seni dapat dilihat apakah publik menerima Secara umum sehingga dianggap sesuatu seni baru yg diterima masyarakat dan diminta untuk diadakannya kolaborasi itu selanjutnya atau hanyalah eksperimen seni.
Di Kalimantan, misalnya gaya baca puisi dengan diiringi rebana sudah menjadi suatu seni tersendiri. Seni ini adalah pada mulanya merupakan hasil produk kolaborasi puisi dan musik padang pasir yg dibawa penyebar agama Islam di sana.
Musikalisasi puisi sebetulnya adalah kolaborasi musikus dan pembaca puisi. Namun kata Musikalisasi itu sangat luas karena kata ‘musik mewakili beraneka alat musik dan penabuhnya. Jadi Musikalisasi boleh menggunakan musik apa saja.
Diantara keuntungan kolaborasi adalah produk baru yg merupakan manfaat dari kolaborasi itu.
Contoh kolaborasi seni baca puisi dan jarang lumping misalnya, memberi ruang puisi di dunia jaran lumping dan memberi ruang seni jaran lumping di dunia puisi atau kepenyairan.
Kolaborasi karya seni antar profesi yg berbeda menghasilkan produk baru yg menarik penonton
Untuk sesuatu yg baru dari kolaborasi menghasilkan produk yg menarik tetapi juga membutuhkan beban resiko semakin tinggi.
Kaborasi dari profesi yg berbeda memberi kesadaran bahwa setiap propfesi seni saling membutuhkan. (rg bagus warsono, 28-07-21)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *