Jurusan Favorit di USU Bidang Soshum dan Saintek

Jurusan Favorit di USU Bidang Soshum dan Saintek

Jurusan Favorit di USU Bidang Soshum dan Saintek

Jurusan Favorit di USU – Menjadi salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, Universitas Sumatera Utara atau yang biasa disebut USU, belakangan ini menjadi incaran banyak calon mahasiswa.

Sejak dibentuk pada tahun 1952 hingga kini USU sudah memiliki lima belas fakultas. Didalamnya, tersebar 156 program studi dengan jenjang doktor, magister, sarjana, diploma IV, dan diploma III.

Untuk kamu yang ingin kuliah di USU, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jurusan paling favorit di USU bidang Saintek dan Soshum berikut ini.

Jurusan Paling Favorit di USU Bidang Soshum

1. Ilmu Hukum

Jurusan paling favorit di USU bidang Soshum yang pertama adalah Ilmu Hukum. Bagi sebagian besar mahasiswa sosial, jurusan ini mungkin dinilai jurusan yang keren, bahkan menjadi primadona untuk tanah sosial.

Selain sudah sepuluh tahun lebih mendapat peringkat akreditasi A, Fakultas Hukum USU juga mencetak alumni-alumni yang kompeten bekerja di bidang hukum. Salah satunya adalah Yasonna Laoly, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Peminat S1 Ilmu Hukum USU pada tahun 2019 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan mencapai 1.254 peserta, sedangkan peminat S1 Ilmu Hukum Universitas Sumatera Utara melalui jalur masuk SBMPTN mencapai 1.822 peserta.

2. Manajemen

Tahun 2016 ini USU hanya menerima sekitar dua puluhan orang mahasiswa jurusan manajemen. Sedangkan peminatnya mencapai tiga ribu lebih. Ilmu manajemen memang mempunyai prospek yang luas dan menjanjikan dalam hal pekerjaan. Pebisnis-pebisnis sukses di Indonesia memulai kariernya dengan menjadi mahasiswa manajemen. USU salah satu universitas dengan jurusan manajemen terbaik di Sumatera.

Sebagai jurusan yang memiliki prospek kerja bagus, manajemen tidak main-main dengan materi pelajaran yang akan diberikan. Sebab, kamu akan mempelajari beberapa hal terkait ilmu manajemen, di antaranya seperti komunikasi bisnis, manajemen perbankan, manajemen SDM, manajemen produk dan merek, manajemen operasional dan beberapa mata pelajaran manajemen lainnya.

Berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, jurusan ini selalu mendapatkan akreditasi A. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, prospek kerja dari jurusan manajemen sendiri sangat luas dan bagus.Kamu bisa bekerja di perusahaan swasta atau pun pemerintah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri sebagai pebisnis.

Peminat S1 Manajemen USU pada tahun 2019 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan mencapai 1.476 peserta, sedangkan peminat S1 Manajemen USU melalui jalur masuk SBMPTN mencapai 1.281 peserta.

3. Ilmu Administrasi Negara

Jurusan paling favorit di USU bidang Soshum selanjutnya adalah Ilmu Administrasi Negara. Meski jurusan yang satu ini masuk ke dalam jurusan favorit di USU, namun passing grade yang mereka miliki cukup rendah, yaitu 24 persen.

Jurusan ilmu administrasi negara di USU sudah mendapatkan akreditasi A. Jika kamu masuk jurusan favorit yang satu ini, kamu akan belajar seputar pengantar ilmu administrasi public, administrasi pembangunan, sistem pemerintahan daerah, manajemen SDM, filsafat ilmu hingga sistem hukum Indonesia.

4. Akuntansi

Selanjutnya jurusan paling favorit di USU adalah Akuntansi. Seperti yang diketahui, jurusan ini sudah mendapatkan akreditasi sempurna dari BAN-PT, yaitu A.

Maka dari itu, tidak heran apabila jurusan Akuntansi USU menjadi salah satu jurusan yang didambakan banyak calon mahasiswa.

Untuk kamu yang mau masuk jurusan akuntansi USU, kamu bisa mencobanya melalui tiga jalur seleksi, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan UMB PT. Jika kamu memilih jalur SBMPTN, sebisa mungkin kamu belajar dengan maksimal.

Pasalnya, peminat untuk jurusan ini cukup banyak, yaitu berkisar 2.608. Namun sayangnya, USU hanya memberikan daya tampung untuk jurusan ini sedikit, yaitu 75 kursi saja.

5. Ilmu Administrasi Bisnis

Meski jurusan ilmu adminstrasi bisnis ini baru didirikan pada 11 Mei 2009, namun jurusan ini sudah menjadi incaran banyak calon mahasiswa.

Hal tersebut terbukti dari jumlah peminat untuk jurusan ini mencapai 2.546 orang. Namun sayangnya, tidak semua peserta tersebut diterima. Pasalnya, daya tampung yang disediakan jurusan ilmu administrasi bisnis hanya 36.

Jurusan ilmu administrasi bisnis di USU sudah mendapatkan akreditasi A.

Jurusan Paling Favorit di USU Bidang Saintek

1. Pendidikan Dokter

Pendidikan Dokter USU adalah salah satu jurusan kedokteran terbaik di Indonesia dengan akreditasi A. Selain akreditasi yang sempurna, FK USU memiliki fasilitas yang bagus, lengkap dengan Rumah Sakit USU yang sudah dioperasikan dari awal tahun 2016.

Lulusan FK USU cakap dan handal dalam memberikan pelayanan kesehatan. Salah satunya ialah Prof Aznan Lelo yang diangkat menjadi sosok dokter berdedikasi dalam acara televisi Kick Andy pada tahun 2016. Beliau seorang dokter yang penuh pengabdian dan memberikan biaya pengobatan gratis bagi pasien-pasiennya yang kurang mampu.

Peminat S1 Pendidikan Dokter USU pada tahun 2019 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan mencapai 1.075 peserta, sedangkan peminat S1 Pendidikan Dokter USU melalui jalur masuk SBMPTN mencapai 1.205 peserta.

2. Kesehatan Masyarakat

Jurusan paling favorit di USU bidang Saintek yang kedua adalah Kesehatan Masyarakat. Melihat daya tampung yang disediakan USU untuk SBMPTN hanya 105, dengan peminat berkisar 3.196 rasanya persaingan yang akan kamu hadapi cukup ketat.

Namun, kamu bisa mencoba jalur lain seperti SNMPTN dan UMB untuk bisa masuk jurusan favorit yang satu ini. Hal tersebut dikarenakan kesehatan masyarakat USU setiap tahunnya membuka daya tampung sebanyak 800.

Alumni FKM berkesempatan untuk mendedikasikan diri nantinya sebagai penyuluh kesehatan, peneliti, kepala puskesmas, ahli gizi, konsultan kesehatan, hingga tenaga ahli di perusahaan-perusahaan besar seperti Unilever, Indofood, Pertamina, Astra dan lainnya.

3. Farmasi

Sebagai fakultas dengan akreditasi terbaik, farmasi USU konsisten melahirkan apoteker-apoteker handal dari lulusannya. Salah satu penemu obat herbal diabetes bernama Kolagit adalah mahasiswa Farmasi USU yang bernama Gita Adinda Nasution. Prestasinya ini berhasil mengharumkan nama USU ke kancah nasional.

Kamu yang berminat menjadi apoteker handal atau menjadi penemu obat seperti Gita, cocok masuk ke jurusan Farmasi USU. Kuota mahasiswa yang diterima di Farmasi USU tiap tahunnya rata-rata sejumlah enam puluhan orang saja.

4. Teknik Elektro

Hampir semua jurusan teknik di USU menjadi favorit calon mahasiswa baru. Salah satunya Teknik Elektro. Selain karena akreditasinya yang bagus, peluang kerja untuk lulusan Teknik Elektro juga besar. Kebutuhan tenaga handal untuk menjadi teknisi elektro di perusahaan-perusahaan sangat dibutuhkan, mulai dari perusahaan telekomunikasi, oil and gas company, sampai perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi sekaliber Garuda Indonesia.

Mahasiswa teknik kebanyakan adalah pria. Kuliah di teknik tidaklah mudah, banyak tekanan dan deadline yang akan kamu hadapi. Selain itu kamu juga harus bersaing dengan calon mahasiswa baru lainnya. Dari data yang didapat, Teknik Elektro USU hanya menerima 50 kursi dari SBMPTN, sedangkan peminatnya lebih dari 900 orang.

5. Teknik Mesin

Yang terakhir ada Teknik Mesin sebagai jurusan paling favorit di USU bidang Saintek. Juga telah terakreditasi A. Masih berada dalam satu ranah, yaitu teknik, jurusan ini lebih didominasi oleh mahasiswa pria.

Teknik Mesin USU mulai dikenal gaungnya semenjak sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Tim Horas berhasil memenangkan kejuaraan Sell Eco Marathon (SEM) tahun 2014 lalu. SEM merupakan salah satu ajang bergengsi yang diikuti oleh mahasiswa teknik perguruan tinggi se-Asia Tenggara. Sejak itulah Tim Horas konsisten menyumbang prestasi setiap tahun. Tahun 2016 lalu, meski tak mendapat juara pertama, Tim Horas berhasil memperoleh posisi ketiga dalam event yang sama.

Tahun 2016 lalu, sebanyak 1345 calon mahasiswa baru mendaftar lewat jalur SBMPTN ke jurusan ini. Sayangnya USU hanya menyediakan sejumlah 40 kursi.