Inilah 5 Peran Penting Fasilitas Sekolah Dalam Pembelajaranv

Inilah 5 Peran Penting Fasilitas Sekolah Dalam Pembelajaran

Fasilitas Sekolah masih menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam lembaga pendidikan di Indonesia. Di sekolah tertentu, fasilitas sekolah masih belum berkembang dengan kemajuan teknologi, bahkan di daerah pedesaan masih banyak fasilitas sekolah yang jauh dari layak.

Padahal, fasilitas sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM). Sarana sekolah yang dimaksud adalah sarana dan prasarana yang digunakan oleh semua pihak di sekolah, baik guru, siswa, kepala sekolah, maupun TU.

Jadi tidak hanya bagi guru dan siswa, fasilitas sekolah dapat mempengaruhi kualitas sekolah dan pembelajaran. Prasarana adalah alat yang secara tidak langsung membantu untuk mencapai tujuan dalam pendidikan, seperti lokasi, gedung sekolah, lapangan olah raga, uang dan lain-lain.

Sedangkan sarana berarti alat langsung untuk mencapai tujuan pendidikan, misalnya; papan tulis, buku, laboratorium, perpustakaan dan lain-lain.

Alasan Pentingnya Fasilitas Sekolah

Sekarang, mari kita bicara tentang peran fasilitas sekolah dalam proses pembelajaran.

1. Membantu Siswa Untuk Lebih Fokus Belajar

terkadang beberapa konsep dan pelajaran perlu dijelaskan menggunakan alat. Secara sederhana, guru yang menjelaskan konsep suatu rumus tentu akan lebih mudah menambah materi dibandingkan dengan guru yang menjelaskan rumus matematika secara lisan.

Sebab, salah satu peran fasilitas sekolah adalah membantu guru menjelaskan konsep-konsep abstrak secara konkrit. Dengan begitu, siswa akan dapat lebih memahami materi pelajaran dan dapat lebih fokus mendengarkan pelajaran.

2. PengalamanBelajar Siswa

Selain membuat siswa lebih fokus dalam belajar, fasilitas sekolah yang baik juga dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa.

Misalnya, dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi, guru dapat menjelaskan benda-benda yang terlalu besar, terlalu berbahaya, dan benda-benda lain yang sulit dibawa ke dalam lingkungan belajar.

3. peningkatan efisiensi waktu dan ruang

Fasilitas sekolah dapat membantu guru, siswa, dan warga sekolah lainnya untuk mengakses atau memberikan informasi pembelajaran secara bersamaan tanpa batasan waktu dan tempat.

Selain itu, dengan bantuan fasilitas sekolah, siswa dapat belajar lebih cepat karena dapat menerima pelajaran dengan lebih baik.

4. Mendukung siswa untuk mengasah potensinya

Potensi peserta didik tentunya perlu diolah dan diasah secara terus menerus agar dapat berkembang. Nah, dalam proses ini, fasilitas sekolah memegang peranan penting.

Fasilitas seperti kolam renang, lapangan basket, lapangan futsal, dapat memudahkan siswa untuk mengasah kemampuan olahraganya. Sedangkan fasilitas seperti laboratorium dapat menunjang mahasiswa untuk memperdalam kemampuan ilmiahnya.

5. Membuat lingkungan belajar lebih nyaman

Tidak dapat dipungkiri bahwa fasilitas sekolah dapat mempengaruhi lingkungan belajar, baik bagi siswa, guru, tenaga administrasi, maupun pengelola sekolah lainnya. Semakin baik dan lengkap sarana dan prasarana sekolah, maka lingkungan belajar akan semakin nyaman dan kondusif.

Misalnya ruang kelas yang bersih dan ber-AC tentunya akan menunjang kegiatan belajar mengajar, karena guru dan siswa bisa lebih nyaman dan fokus pada kegiatan belajar.

Lingkungan yang nyaman secara tidak langsung akan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Dengan fasilitas belajar yang memadai, siswa dapat mempelajari hal-hal baru dengan cara yang lebih menarik. Untuk itu sangat penting bagi kondisi dan kelengkapan fasilitas sekolah.

Berikut adalah beberapa fasilitas dasar yang setidaknya harus dalam kondisi baik di sekolah:

  • Bangunan sekolah
  • Kelas
  • Ruang guru
  • ruang kepemimpinan
  • Tempat beribadah
  • Ruang UKS
  • Kamar mandi
  • Ruang sirkulasi
  • Taman bermain atau olahraga
  • Kantin sekolah
  • laboratorium
  • Keamanan

Tidak hanya penawaran yang ada, fasilitas di atas juga harus dalam kondisi baik. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, fasilitas teknologi sangat direkomendasikan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar baik di kelas, maupun gagah berani.

Namun, untuk menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap dan baik, memang hal yang mudah. Untuk mewujudkannya diperlukan proses manajemen mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan dan pengawasan.

Dalam menjalankan proses pengelolaan ini tentunya dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Hal ini menjadi kendala bagi banyak sekolah untuk memiliki fasilitas sekolah yang memadai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.