Meningkatkan Minat Baca, Inilah 3 Rekomendasi Buku untuk Anak SMA

Meningkatkan Minat Baca, Inilah 3 Rekomendasi Buku untuk Anak SMA

Rekomendasi Buku untuk Anak SMA – Masa remaja yang dialami oleh anak SMA dapat dikatakan sebagai masa dewasa muda. Pada masa ini, mereka sering menghadapi banyak tantangan, seperti ketidakstabilan emosi, penyesuaian dalam lingkaran pertemanan, konflik dengan orang tua, perasaan kecil atau tidak aman, dan lain-lain. Membaca buku bisa menjadi salah satu solusi yang akan membantu Anda memahami dunia dengan lebih baik dan belajar dari pesan-pesannya. Anda juga dapat merasa lebih baik mengetahui bahwa kesulitan yang Anda hadapi pada usia ini adalah manusiawi dan dialami oleh semua orang.

Berikut adalah beberapa buku yang direkomendasikan untuk siswa sekolah menengah yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk masa dewasa muda.

Daftar 3 Rekomendasi Buku untuk Anak SMA

1. Atomic Habits

James Clear Atomic Habits adalah buku nonfiksi yang cukup ringan untuk di baca siswa SMA dan akan memberikan banyak ilmu dan manfaat dalam mengatur waktu. Saat masuk SMA, biasanya Anda akan memiliki jadwal kegiatan yang lebih padat di bandingkan saat masih duduk di bangku SMP. Tugas menumpuk dari guru, kegiatan ekstrakurikuler, mengikuti bimbingan belajar sepulang sekolah, belum lagi jika aktif mengikuti berbagai kegiatan lain, seperti lomba atau olimpiade, mengikuti organisasi, menjadi panitia acara, dan masih banyak lagi.

Anda merasa tidak punya waktu untuk diri sendiri dan bersenang-senang dengan teman karena kesibukan pekerjaan yang harus Anda lakukan. Buku Atomic Habits dapat membantu Anda mengembangkan kebiasaan yang baik, sehingga Anda tidak akan menunda-nunda lagi dan dapat mengatur waktu Anda dengan lebih baik. Dengan memiliki manajemen waktu yang baik, maka Anda bisa bersenang-senang dan bersenang-senang tanpa mengabaikan kewajiban Anda sebagai mahasiswa. Saat memasuki masa perkuliahan, manajemen waktu juga akan menjadi salah satu soft skill yang perlu Anda miliki, sehingga akan bermanfaat jika bisa mempersiapkannya sejak dini. Buku ini akan menjadi bekal yang tepat bagi Anda untuk lebih produktif, dan memaksimalkan potensi yang Anda miliki sebagai remaja yang energik dan bersemangat.

2. Harry Potter dan Batu Bertuah

J. K. Rowling Siapa yang tidak mengenal buku fenomenal ini? Layaknya film yang penuh dengan adegan seru dan menegangkan, buku Harry Potter pun tak kalah menarik untuk Anda baca. Bercerita tentang seorang anak laki-laki biasa yang tinggal bersama keluarga bibinya yang kejam, Harry Potter tiba-tiba menerima surat undangan yang di kirim oleh burung hantu ke Sekolah Sihir Hogwarts.

Petualangan Harry yang penuh dengan sekolah magis bersama dua sahabat terdekatnya, Ron dan Hermione, akan menjadi pengalaman membaca buku fantasi yang menyenangkan dan dapat mengembangkan imajinasi Anda. Banyak nilai kehidupan yang akan kamu dapatkan ketika membaca seri buku ini, seperti persahabatan, persahabatan, sikap pantang menyerah, pengorbanan, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya buku nonfiksi yang dapat memberikan banyak manfaat, membaca buku fiksi juga dapat mengembangkan keterampilan sosial dengan menumbuhkan empati, pemikiran yang baik dan mampu memahami orang lain.

3. Self Acceptance by #88Lovelife

Diana Rikasari Sesuai dengan judulnya, buku motivasi yang berisi kutipan-kutipan singkat dan ilustrasi menarik ini akan membawa Anda untuk lebih mencintai dan menerima diri Anda apa adanya. Saat Anda remaja, biasanya Anda akan menghadapi berbagai macam masalah yang membuat Anda tidak percaya diri atau bahkan diri Anda sendiri.

Entah itu karena gagal dalam percintaan, merasa kurang cantik dan menarik dari teman-teman lainnya, merasa tidak sepandai dan berbakat seperti kakak atau adik, kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan, dan lain sebagainya. Perasaan tersebut perlu segera di atasi agar tidak berkembang menjadi gangguan kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan yang berlebihan. Buku ini akan membantu Anda menemukan kembali kepercayaan diri Anda secara perlahan dengan menerima kekurangan Anda.

Sambil berbagi pengalaman pribadinya selama hidupnya, penulis seolah ingin merangkul para pembaca yang membutuhkan bantuan untuk bertahan melalui masa-masa sulit yang mereka alami. Melalui buku warna-warni dengan desain yang cantik ini, Anda akan mendapatkan pesan-pesan inspiratif dari Diana Rikasari untuk mencintai dan mencintai diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.