MPLS Penting Bagi Siswa Baru, Bukan Sekedar Mengenalkan Lingkungan Sekolah

MPLS Penting Bagi Siswa Baru, Bukan Sekedar Mengenalkan Lingkungan Sekolah

MPLS Penting Bagi Siswa Baru – Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan wajib bagi siswa baru. MPLS merupakan kegiatan pengenalan sekolah yang merupakan perubahan dari Masa Orientasi Siswa (MOS).

Karena MOS sering dipandang sebagai kegiatan yang erat kaitannya dengan perpeloncoan. Maka untuk mengubahnya, pemerintah kini menerapkan MPLS sebagai.

Lalu apa saja manfaat MPLS bagi mahasiswa baru?

1. Membantu Mengenalkan Lingkungan Sekolah

Sesuai dengan namanya, MPLS merupakan kegiatan mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru. Oleh karena itu, kegiatan selama MPLS lebih condong untuk memperkenalkan program dan budaya sekolah. MPLS membantu meningkatkan kemampuan siswa untuk beradaptasi di lingkungan baru.

2. Kembangkan Perilaku Positif

Kegiatan di MPLS juga dapat menumbuhkan perilaku positif pada mahasiswa baru. Siswa diberikan pemahaman tentang pentingnya nilai-nilai kejujuran, kemandirian, larangan menyontek, dan disiplin.

Selain itu, siswa juga mengapresiasi untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dan hidup bersih. Selain itu, siswa yang mendapat nilai memiliki integritas yang menghargai pendapat orang lain dan sangat toleran satu sama lain.

3. Kenali Potensi Anda

Mahasiswa menggali potensinya lebih dalam melalui MPLS. Misalnya dengan mendorong siswa untuk lebih percaya diri dalam berbicara di depan umum atau ketika mereka harus bekerja sama.

4. Memotivasi Semangat Belajar

MPLS memiliki manfaat untuk meningkatkan motivasi siswa agar lebih semangat dalam belajar. Persaingan antar siswa diperlukan untuk memotivasi setiap individu untuk menunjukkan sisi terbaiknya. Selain itu, siswa juga akan mencetak prestasi.

5. Interaksi Positif

Dengan berinteraksi, mahasiswa dapat saling mengenal, dan MPLS merupakan saat yang tepat untuk mengembangkan interaksi positif antar mahasiswa baru. MPLS merupakan sarana bagi siswa untuk saling mengenal, meskipun mereka belum pernah ke salah satu sekolah sebelumnya.

6. Memperkenalkan Budaya Sekolah

MPLS juga dapat mengenalkan siswa baru pada kegiatan sekolah. Lima puluh persen kegiatan MPLS melibatkan OSIS dan MPK, namun masih dalam pengawasan dan pemantauan guru dan wali kelas. Hal ini untuk menghindari perpeloncoan mahasiswa baru.