Inilah Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah Pertama

Inilah Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah Pertama

Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah – Menjelang masuk sekolah di tahun ajaran baru, anak membutuhkan persiapan mental dan persiapan fisik. Ada beberapa hal yang bisa di lakukan orang tua untuk membantu anaknya membiasakan diri dengan lingkungan sekolah.

Salah satu yang bisa di lakukan adalah mengajak anak berkunjung ke sekolah sejak dini. Di katakan di halaman Orang Tua, kunjungan awal ke sekolah seperti ini akan membantu mereka mengatasi ketakutan yang berlebihan. Jadi, ini adalah sesuatu yang sepele.

Saat membawa mereka berkeliling sekolah, orang tua dapat memperkenalkan lokasi penting seperti area penjemputan dan pengantaran, ruang kelas, toilet, dan banyak lagi.

“Orang tua perlu percaya dan membiarkan anak-anak mereka mengeksplorasi lingkungan belajar baru mereka. Ini penting untuk melatih rasa percaya diri dan kemandirian anak,” ujarnya.

Namun, perlu diingat juga agar orang tua tidak memperlihatkannya di depan anak. Pakar pendidikan anak usia dini Anna Taylor mengatakan salah satu hal terpenting untuk membantu anak-anak mempersiapkan diri ke sekolah adalah agar orang tua tetap tenang.

Jadi, apa yang bisa di lakukan orang tua untuk membantu mereka?

Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah

1. Berikan contoh berkenalan

Anak-anak adalah peniru yang baik. Agar ia mampu bersosialisasi dengan teman-temannya yang lain, orang tua dapat memberikan contoh dalam mengenal orang tua lainnya.

Selain itu, orang tua juga bisa mengajari mereka cara berkenalan atau memperkenalkan diri dengan sopan. Jadi, mereka punya bekal untuk mendapatkan teman baru.

2. Ajak mereka untuk menyiapkan alat sekolah bersama

Di sebutkan dalam Indian Express, anak-anak biasanya lebih heboh jika di libatkan dalam persiapan sekolah bersama. Jadi, orang tua bisa mengajak mereka untuk datang membeli perlengkapan sekolah.

3. Siapkan makan siang favoritnya

Makan siang dan makan siang adalah hal yang paling di sukai anak-anak di sekolah. Oleh karena itu, orang tua dapat membawa makanan dan minuman favoritnya agar lebih bersemangat.

Meski begitu, usahakan agar perbekalan yang Anda bawa mudah untuk di santap dan di tempat yang aman dari tumpahan agar si kecil tidak perlu khawatir.

4. Ingatkan tentang protokol kesehatan

Karena saat ini kita masih dalam kondisi pandemi, orang tua perlu mengingatkan anaknya untuk tetap memakai masker dan menjaga kesehatan lainnya seperti cuci tangan, menjaga jarak, atau menggunakan hand sanitizer. Selain itu, sediakan juga masker cadangan dan hand sanitizer di dalam tas.

5. Beri apresiasi

Ketika anak telah melewati hari pertama dengan lancar, orang tua perlu memberikan apresiasi atas usahanya. Jadi, mereka akan merasa dihargai dan bersemangat untuk pergi ke sekolah keesokan harinya.