4 Tipe Belajar Humanistik Teori Honey & Mumford

Setiap orang memiliki tipe belajar yang tentunya berbeda-beda tergantung pada situasi, perhatian, arah, dan minat setiap orang dalam belajar. Ada beberapa jenis teori belajar, mulai dari teori belajar kognitivistik, konstruktivistik, sibernetik, dan humanistik.
Dilansir dari buku Belajar dan Pembelajaran oleh Husamah, Yuni Pantiwati, Arina Restian, Puji Sumarsono teori humanistik yang dikemukakan Honey dan Mumford menggolongkan orang yang belajar dalam 4 tipe yaitu tipe aktivis, tipe pragmatis, tipe reflektor, dan tipe teoritis.

Masing-masing dari tipe belajar tersebut memiliki karakteristik berbeda.

Dikutip dari media sosial Instagram @naramudajakarta, 4 tipe belajar humanistik teori Honey & Mumford yakni:

1. Tipe Aktivis
Ini merupakan tipe yang memiliki jiwa kepemimpinan. Mereka memiliki sifat yang mudah diajak berdiskusi dan cenderung bersikap spontan. Tak jarang tipe aktivis juga sangat suka dalam kompetisi. Tipe belajar aktivis tentunya adalah mengedepankan diskusi.

2. Tipe Pragmatis
Lanjut ke tipe pragmatis yang memiliki sifat praktis. Mereka juga sangat suka mempraktikkan apa yang dipelajarinya. Dengan begitu tentunya orang dengan tipe pragmatis kurang menyukai teori.

Cara belajar yang tepat untuk si tipe pragmatis adalah mempraktikkan langsung materi, seperti penelitian langsung di laboratorium dan lainnya.

3. Tipe Reflektor
Tipe reflektor cenderung bersikap hati-hati dalam mengambil keputusan. Selain itu mereka juga kerap membuat perencanaan yang matang dalam hidupnya.

Tipe belajar reflektor yang disukai yaitu belajar dengan fokus dan tenang di perpustakaan, lalu mengikuti seminar-seminar, dan bertukar pikiran atau meminta evaluasi orang lain.

4. Tipe Teoritis
Terakhir yakni tipe teoritis yang memiliki sifat dan sikap disiplin, rasional, tegas, kritis, dan suka menganalisa. Tentunya tipe belajar teoritis adalah dengan membaca literatur ilmiah.

Itulah tipe belajar humanistik teori Honey dan Mumford. Nah, tipe manakah yang paling cocok denganmu? Apapun itu, lakukanlah tipe belajar yang paling kamu sukai ya, semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.