Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPS Beserta Prospek Kerjanya

Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPS Beserta Prospek Kerjanya

Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPS Beserta Prospek Kerjanya

Jurusan Kuliah Terbaik Anak IPS – Pilihan jurusan kuliah IPS ternyata tidak kalah banyak dengan jurusan untuk lulusan anak IPA dan memiliki prospek kerja yang lebih banyak juga.

Tidak kalah dengan Jurusan IPA, Jurusan IPS merupakan salah satu jurusan cukup bergengsi, terutama bagi kamu menyukai pelajaran dibidang Sosial, Geografi, dan Ekonomi. Ada banyak jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan. Dan cukup banyak juga jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan.

Bagi kamu yang penasaran Jurusan IPS SMA bisa jadi apa saja, Berikut ini beberapa fakultas yang bisa diambil oleh jurusan IPS.

Fakultas Ekonomi & Bisnis

1. Bisnis Digital

Di Indonesia, jurusan Bisnis Digital dapat ditemui UNPAD, UPI, UNJ, UNM, Universitas Katolik Parahyangan dan Binus University. Mata kuliahnya antara lain perencanaan bisnis start-up, statistika, pengembangan web, SEO, digital marketing, market research, consumer behaviour, hingga desain produk.

Prospek kerja: CEO perusahaan teknologi, pengusaha, digital marketing specialist, social media specialist, SEO specialist.

2. Akuntansi

Jurusan ini merupakan jurusan kuliah IPS yang banyak diminati dan dikenal punya prospek yang menjanjikan. Akuntansi kemudian dikenal juga sebagai salah satu ilmu tertua di dunia yang mempelajari mengenai hal-hal yang berhubungan dengan keuangan. Jurusan Akuntansi memiliki beberapa peminatan, diantaranya Akuntansi Keuangan, Akuntansi Perpajakan, Akuntansi Internasional, dan Akuntansi Anggaran.

Prospek kerja: Auditor, akuntan, risk assurance, atau konsultan di “Big Four”, yaitu 4 Kantor Akuntan Publik (KAP) terbesar di dunia. Empat KAP tersebut ialah Deloitte, E&Y, KPMG, dan PWC. Sebuah pencapaian yang bergengsi jika kamu berhasil masuk ke sana.

3. Manajemen

Jurusan Manajemen selalu jadi rebutan karena prospek kerjanya yang menjanjikan. Apa sih yang dipelajari di jurusan ini? Intinya, tentang bagaimana mengelola bisnis dari sisi manusia, operasional, perencanaan keuangan, dan sebagainya. Kamu harus belajar giat nih, karena peminat jurusan Manajemen selalu di angka 1000 pendaftar setiap tahunnya.

Prospek kerja: management trainee, pengusaha, pegawai bank, pendiri start-up, konsultan, project manager.

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

1. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan menarik berikutnya adalah jurusan ilmu komunikasi yang tidak hanya mempelajari tentang tata cara berkomunikasi saja. Melainkan juga mempelajari tentang public speaking, teknik dan keterampilan menulis, fotografi, desain maupun animasi, proses pembuatan iklan, dan lain sebagainya.

Prospek kerja: public relation, hubungan masyarakat, manajer layanan sosial, reporter, dan lain sebagainya.

2. Hukum

Ada banyak sekali mata kuliah Hukum. Mulai dari Perdata, Pidana, Tata Negara, Internasional, Waris, dan lain-lain. Kamu juga bakal ketemu hitung-hitungan di mata kuliah Hukum Waris. Rata-rata peminat jurusan ini mencapai 1000-3000 orang setiap tahun.

Prospek kerja: Hakim, jaksa, pengacara, konsultan di law firm, politikus, notaris, legal officer.

3. Hubungan Internasional

Mau punya wawasan yang luas dan jalan-jalan ke luar negeri? Coba deh, masuk jurusan Hubungan Internasional. Berbagai disiplin ilmu akan kamu temukan di sini, mulai dari Budaya, Politik, Ekonomi, Sejarah, hingga Bahasa. Peminat program studi Hubungan Internasional di UGM ada 1.829 orang dengan daya tampung 24 kursi saja.

Prospek kerja: Diplomat, reporter, konsultan, pegawai pemerintahan, staf kedutaan, dosen, staf PBB, politikus.

4. Sosiologi

Lulusan Sosiologi dibutuhkan untuk membuat kebijakan, menganalisis perilaku masyarakat, dan memecahkan masalah sosial. Di Indonesia, peminat jurusan ini terbilang masih sangat sedikit. Hanya ada 441 pendaftar di jurusan Sosiologi UNAIR pada tahun 2021. Artinya, kesempatan kamu buat masuk ke sini lumayan besar.

Prospek kerja: Pegawai Negeri Sipil (PNS), humas, dosen, atau menjadi UX Researcher di perusahaan start-up. Tugasnya yaitu mencari masalah dan memberikan solusi kepada konsumen dalam bentuk fitur atau aplikasi di smartphone.

Fakultas Psikologi

1. Psikologi

Mahasiswa jurusan psikologi mempelajari cara menganalisis perilaku individu dan dampaknya terhadap mental. Kebanyakan jurusan Psikologi masuk ke dalam rumpun Soshum. Akan tetapi, UNPAD dan UI memasukkan Psikologi ke rumpun Saintek. Jurusan ini mempunyai beberapa peminatan, yaitu; psikologi organisasi, psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi perkembangan, dan psikologi klinis.

Prospek kerja: HRD, konsultan pendidikan, konselor, penulis buku, dosen, dan membuka klinik sendiri dengan syarat sudah menempuh gelar S2 profesi. Cocok bagi kamu yang senang menolong orang lain.